Kuliner

Nasi Padang

Siapa yang tidak tahu dengan Nasi Padang, umumnya kita semua pernah merasakan kelezatan Nasi Padang.Nasi dengan lauk pauk bersantan dan rasa yang pedas. Karena kepedasan dan santannya yang kental itu makanya Nasi Padang terasa enak dan lezat.

Hari ini saya mau membahas macam-macam Nasi Padang yang terkenal:

Nasi Kapau : yang ini saya suka banget nih, Nasi yang berasal dari daerah Kapau Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam ini berjarak 5 kilometer dari Bukittinggi ini , lauknya adalah gulai nangka yang dicampur dengan kol dan kacang panjang, santannya sih tidak begitu kental, ada juga gulai cancang (daging yang dipotong kecil-kecil seperti dadu), gulai tunjang (urat kaki sapi) , gulai babek (semua isi perut sapi). Dan pasti ditambah dengan sambel lado ijau (cabe ijo) Jadi kalau lagi travel ke Bukittinggi jangan lupa mampir di Los Lambuang Pasar Atas, tidak jauh dari jam gadang..

Nasi Ampera : nasi yang lauknya tinggal dipilih rendang, ayam bumbu, gulai ayam , dendeng , ikan bakar dan pucuak ubi abuih (daun singkong rebus) plus sambel goreng. Biasanya nasi ampera dijual sepanjang jalan di kota Padang.Dan biasanya dijual mulai dari sore hari sampai tengah malam.Jadi kalau kita kelaparan tengah malam , jalan ke dekat Mesjid Muhammadiyah Pasar Raya. disitu berjejer penjual nasi ampera sampai tengah malam. Perut kenyang tapi harganya tidaklah begitu mahal.

Nasi sek : nasi sek adalah nasi yang dijual disekitar pantai di Kota Pariaman yang berjarak lebih kurang 60 km dari kota Padang.Berbeda dengan hidangan rumah makan pada umumnya, nasi sek sendiri umumnya disajikan dalam wadah lengkap dengan nasinya yang terbungkus dengan daun. Memang itulah salah satu ciri khas dari nasik sek, yang biasanya dilengkapi dengan aneka lauk pauk, mulai dari ikan bakar, ikan gulai, goreng cumi-cumi, serta tidak ketinggalan pula sala lauak yang menjadi makanan khas Kota Pariaman.
Istilah nasi sek dalam pengertian seratus kenyang. Berisi nasi yang lengkap dengan lauk-pauknya itu harganya hanya seratus rupiah. Murah memang. Namun seiring perkembangan zaman dan naiknya harga kebutuhan harga nasi ini memang tak mungkin lagi seratus rupiah. Meski begitu, nama nasi sek masih tetap menjadi istilah sampai sekarang. Namun tetap murah meriah bila dibanding hidangan restoran atau rumah makan pada umumnya.

Jadi kalo lagi travel ke daerah Sumatera Barat, jangan lupa cicipin nasi-nasi seperti di atas, saya jamin nanti akan ketagihan….. salam

Foto dari mr.google