Technologi

Superkomputer Jepang menjadi yang tercepat di Dunia.

TOKYO (AFP) – Sebuah superkomputer Jepang telah menjadi tercepat di dunia, membuat perhitungan lebih dari tiga kali lebih cepat daripada saingannya Cina, pengembangnya mengatakan Senin.

C telah mencapai 8,162 perhitungan quadrillion per detik, atau 8,162 petaflops dalam jargon komputer, menurut pengembang Fujitsu Ltd dan Institut yang didanai negara Penelitian Fisik dan Kimia, yang dikenal sebagai RIKEN.

Dengan demikian K Komputer menyalip China Tianhe-1A dari Pusat Supercomputing Nasional di Tianjin, yang menjadi dunia nomor satu pada bulan November dan mampu beroperasi pada 2,566 petaflops.

Kinerja Komputer K diakui oleh Daftar TOP500 superkomputer dirilis pada Senin pada Konferensi Supercomputing Internasional 2011 di Hamburg, Jerman, Fujitsu dan RIKEN mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Ini adalah superkomputer Jepang pertama sejak 2004 untuk menjadi tercepat di dunia, momen simbolis untuk bangsa bangga teknologi terdepan tersebut.

NEC Earth Simulator adalah mesin tercepat di dunia antara Juni 2002 dan November 2004.

K pengembang Komputer mengatakan mesin akan cukup kuat untuk mengatasi perhitungan rumit yang berkaitan dengan penelitian iklim dan pencegahan bencana.

“Penggunaan komputer K diharapkan memiliki dampak yang inovatif di bidang mulai dari penelitian iklim global, meteorologi, pencegahan bencana, dan obat-obatan, sehingga berkontribusi untuk terciptanya masyarakat yang sejahtera dan aman,” tambah pernyataan itu.

K Komputer masih dikonfigurasi dan telah dirakit sejak Oktober 2010 di fasilitas RIKEN di Kobe, Jepang barat, di mana ia harus selesai pada Juni 2012, kata pernyataan itu.

Hal ini terdiri dari 672 lemari komputer saat ini dilengkapi dengan dari 68.544 unit pengolahan komputer (CPU), Fujitsu dan RIKEN mengatakan dalam siaran pers.

Setelah selesai, mesin akan memiliki lebih dari 80.000 CPU dan dapat beroperasi pada 10 petaflops.

Fujitsu dan RIKEN kepala mengatakan dalam pernyataan bahwa proyek, diluncurkan pada 2006 dengan total anggaran sekitar 112 miliar yen ($ 1,4 milyar), telah mengatasi kesulitan rantai pasokan yang disebabkan oleh gempa bumi 11 Maret dan tsunami yang devasted negara timur laut wilayah Tohoku.

Fujitsu Ketua Michiyoshi Mazuka mengatakan ia berterima kasih kepada “mitra kami di wilayah Tohoku untuk komitmen mereka untuk memberikan pasokan komponen, meskipun mereka sendiri terkena bencana.”

RIKEN presiden Ryoji Noyori berkata: “Saya sangat percaya bahwa kekuatan dan ketekunan yang ditunjukkan selama proyek ini juga akan memungkinkan pemulihan wilayah Tohoku hancur.”

Noyori, tahun 2001 pemenang Nobel dalam bidang kimia, mengatakan dalam konferensi pers kemudian: “Saya senang karena dunia nomor satu tempat, oleh seperti margin besar, telah membuktikan bahwa teknologi industri negara kita tetap sehat.”

“Setelah semua, kita harus bertujuan untuk atas dalam penelitian.”

Anggaran proyek digorok oleh 11 miliar yen dalam akhir tahun 2009 di bawah drive ikat pinggang oleh pemerintah kiri-tengah.

Seorang menteri yang bertanggung jawab atas reformasi administrasi bertanya pada waktu itu: “Apa alasan untuk mencari untuk menjadi nomor satu dunia Tidak bisakah kau membuat hubungannya dengan tempat kedua?”

Tetapi Komputer K mungkin merasa sulit untuk bertahan hidup persaingan semakin meningkat sebagai superkomputer 1.000 petaflops sedang dipertimbangkan di Amerika Serikat sementara China terus berinvestasi dalam pengembangan superkomputer, surat kabar Yomiuri.

97 comments

  1. Pingback: EUGENE
  2. Pingback: GREG
  3. Pingback: DEREK
  4. Pingback: ALAN
  5. Pingback: MATT
  6. Pingback: ALEXANDER
  7. Pingback: EDWIN
  8. Pingback: MILTON
  9. Pingback: IVAN
  10. Pingback: ZACHARY
  11. Pingback: NATHAN
  12. Pingback: ANDRE
  13. Pingback: DERRICK
  14. Pingback: KEN
  15. Pingback: WADE
  16. Pingback: CODY
  17. Pingback: WALTER
  18. Pingback: ALEX
  19. Pingback: WALLACE
  20. Pingback: DOUG
  21. Pingback: PETER
  22. Pingback: KYLE
  23. Pingback: ALEX
  24. Pingback: BYRON
  25. Pingback: GUY
  26. Pingback: ALEJANDRO
  27. Pingback: CLIFTON
  28. Pingback: TODD
  29. Pingback: WILLIAM
  30. Pingback: MICHAEL
  31. Pingback: JEREMIAH
  32. Pingback: LESLIE
  33. Pingback: ENRIQUE
  34. Pingback: FRED
  35. Pingback: LESTER
  36. Pingback: DENNIS
  37. Pingback: AARON
  38. Pingback: ARTURO
  39. Pingback: TERRENCE
  40. Pingback: VICTOR
  41. Pingback: Besuchen
  42. Pingback: Rene
  43. Pingback: Gerard
  44. Pingback: andrew
  45. Pingback: lonnie
  46. Pingback: wayne
  47. Pingback: leslie

Leave a Reply