Nature

Berekowisata ke Danau Situ Gunung

BERLIBUR ke Situ Gunung tidak lagi sekadar berkunjung melihat obyek-obyek wisata alamnya, seperti hutan wisata, air terjun atau danau. Kawasan seluas 200 hektar ini kini mengambil konsep ekowisata dalam pengelolaannya.

Ekowisata (ecotourism) menurut The International Ecotourism Society di tahun 1990 mendefinisikan sebagai perjalanan yang bertanggung jawab ke tempat-tempat yang alami dengan menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan penduduk setempat. Diharapkan, para wisatawan juga ikut menjaga kelestarian lingkungan dan pengelolaan obyek wisata guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Untuk meningkatkan sumber daya alam, Situ Gunung akan terbuka untuk berbagai penelitian. Satu hal yang menarik, Situ Gunung menjadi tempat tinggal banyak hewan endemik Jawa Barat yang jumlahnya terbilang sedikit dan terancam punah, salah satunya adalah surili.

Selain itu, flora kawasan ini akan dikembalikan ke tanaman endemik. Diharapkan, secara bertahap kawasan ini akan didominasi oleh sekira 10 tanaman endemik yang ada, antara lain puspa, rasamala, jamuju, dan lainnya.

Sebagai tempat rekereasi, kawasan Situ Gunung terkenal dengan wisata alam danau dan air terjunnya. Selain Danau Situ Gunung, terdapat banyak air terjun yang dikenal dengan sebutan curug, contohnya Curug Sawer, Curug Kembar, Curug Cimanaracun, Curug Cikuluwung, dan Curug Tangki.

Untuk mengembangkan sumber daya masyarakat, pengelolaan kawasan ini sementara melibatkan masyarakat setempat sebagai pekerja. Namun ke depan diharapkan masyarakat mempunyai koperasi sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan. Selain itu, program adopsi pohon, pembuatan, dan penjualan souvenir, pembukaan outlet masyarakat untuk menjual hasil pertaniannya adalah beberapa contoh program yang akan dilakukan tahun ini.

Terletak di kecamatan Kadudampit, Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat. Kawasan yang termasuk dalam wilayah Taman Nasional Gede Pangrango ini terkenal dengan wisata alamnya dan sering digunakan sebagai tempat rekreasi dan kegiatan outbound, tubing, sepeda gunung, dan kegiatan petualangan lainnya.

101 comments

  1. Pingback: SHANE
  2. Pingback: VINCENT
  3. Pingback: VINCENT
  4. Pingback: JEFF
  5. Pingback: NATHAN
  6. Pingback: JERRY
  7. Pingback: JAMES
  8. Pingback: EDWIN
  9. Pingback: LEON
  10. Pingback: BILLY
  11. Pingback: FRANCIS
  12. Pingback: RAY
  13. Pingback: TRAVIS
  14. Pingback: MARVIN
  15. Pingback: STUART
  16. Pingback: BRYAN
  17. Pingback: MARK
  18. Pingback: MELVIN
  19. Pingback: FREDERICK
  20. Pingback: HOWARD
  21. Pingback: BILLY
  22. Pingback: RENE
  23. Pingback: ANDREW
  24. Pingback: HOMER
  25. Pingback: JEFF
  26. Pingback: AUSTIN
  27. Pingback: JOSHUA
  28. Pingback: DUSTIN
  29. Pingback: WARREN
  30. Pingback: ALBERT
  31. Pingback: CLINTON
  32. Pingback: FREDRICK
  33. Pingback: CHRIS
  34. Pingback: BRENT
  35. Pingback: ALEX
  36. Pingback: RICK
  37. Pingback: RAMON
  38. Pingback: FRANCIS
  39. Pingback: ROGER
  40. Pingback: RUSSELL
  41. Pingback: JIM
  42. Pingback: FERNANDO
  43. Pingback: COREY
  44. Pingback: JOHNNIE
  45. Pingback: JIM
  46. Pingback: dennis
  47. Pingback: Gene
  48. Pingback: jacob
  49. Pingback: Cory
  50. Pingback: Wayne

Leave a Reply